Thursday, May 23, 2024
HomePoliticBiografi Moh Hatta, Wakil Presiden Pertama RI

Biografi Moh Hatta, Wakil Presiden Pertama RI

 

 

Moh.Hatta
Moh.Hatta

Mohammad Hatta, atau yang lebih dikenal dengan nama Moh Hatta, merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia.

Ia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 12 Agustus 1902 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 14 Maret 1980.

Hatta merupakan anak kedua dari pasangan Abdulhamid Alkadrie dan Siti Saleha. Ayahnya merupakan seorang ulama yang cukup terkenal di Bukittinggi. Hatta belajar di sekolah dasar setempat dan kemudian melanjutkan pendidikan di sekolah menengah di Padang. Berdasarkan Paling Viral.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Hatta melanjutkan studinya ke Belanda dan berhasil meraih gelar sarjana dalam bidang ekonomi dari Universitas Amsterdam. Di Belanda, Hatta terlibat dalam gerakan nasional Indonesia dan menjadi anggota organisasi Budi Utomo.

Setelah kembali ke Indonesia pada tahun 1932, Hatta aktif terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia bersama-sama dengan Soekarno memainkan peran penting dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca juga : Biografi Ir.Soekarno, Presiden Pertama Indonesia

Setelah proklamasi kemerdekaan, Hatta diangkat menjadi Wakil Presiden pertama Indonesia. Ia menjabat sebagai Wakil Presiden selama hampir satu dekade, dari tahun 1945 hingga 1956. Selama menjabat, Hatta memainkan peran penting dalam membangun dan mengembangkan negara Indonesia.

Setelah pensiun dari dunia politik pada tahun 1956, Hatta tetap aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya. Ia juga menjadi tokoh yang dihormati oleh banyak orang di Indonesia dan di luar negeri.

Di samping karir politiknya, Hatta juga dikenal sebagai seorang intelektual yang produktif.

Ia menulis banyak buku dan artikel tentang berbagai topik, termasuk ekonomi, politik, dan sejarah Indonesia.

Beliau, Moh.Hatta meninggal pada tanggal 14 Maret 1980 di Kota Jakarta. Ia meninggalkan warisan yang besar bagi bangsa Indonesia, baik dalam hal politik, sosial, budaya, maupun intelektual. Nama Hatta juga diabadikan dalam berbagai tempat, seperti bandara dan universitas, sebagai tanda penghargaan terhadap jasa-jasanya bagi bangsa Indonesia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments