Sunday, April 21, 2024
HomePoliticBiografi Ir. Soekarno, Presiden Pertama RI

Biografi Ir. Soekarno, Presiden Pertama RI

Ir.Soekarno
Ir.Soekarno

Ir. Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia, adalah salah satu tokoh besar dalam sejarah Indonesia.

Ia lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Kota Jawa Timur dari seorang pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Berdasarkan Paling Viral.

Soekarno menempuh pendidikan di ELS Mojokerto dan HBS Surabaya. Setelah itu, ia melanjutkan kuliah di TH Bandung dan lulus sebagai insinyur pada tahun 1926. Soekarno aktif dalam organisasi mahasiswa dan politik, dan bergabung dengan Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927.

Pada tahun 1942, Jepang menduduki Indonesia dan Soekarno diangkat sebagai ketua BPUPKI yang bertugas menyusun dasar negara Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan menjadi presiden pertama RI.

Selama menjabat sebagai presiden, Soekarno memimpin Indonesia dalam berbagai perjuangan penting, seperti Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955. Namun, pada tahun 1967, ia digulingkan dalam kudeta militer yang dipimpin oleh Jenderal Soeharto.

Baca juga : Rekomendasi Film-Film Thriller Yang Wajib Ditonton

Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Ia dianggap sebagai Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan dikenal sebagai orator ulung yang mampu memotivasi rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Karya-karya Soekarno yang terkenal antara lain Pancasila dan Tri Tunggal. Ia juga dikenal sebagai seorang pemikir dan negarawan yang visioner, dan telah memberikan banyak pengaruh bagi Indonesia dan dunia.

Dengan keberanian dan perjuangan yang gigih, Ir. Soekarno telah menjadi salah satu tokoh besar dalam sejarah Indonesia.

Namun, meskipun telah tiada, jasa-jasanya tetap dikenang dan dihargai oleh seluruh rakyat Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan penghargaan terhadap perjuangan pejuang kemerdekaan Indonesia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments